Ditanya Persiapan Debat, Jokowi: Debat Aja Pakai Latihan! Nyindir Ma'ruf Amin?







 Menjelang debat capres perdana 2019, calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara makan malam bersama ketua umum partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Restoran Seibu, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019) malam.

Pertemuan itu membahas persiapan depat Pilpres 2019 perdana yang akan berlangsung pada Kamis 17 Januari 2019.

Jokowi mengatakan, ada berbagai hal yang dibahas dengan para ketum parpol koalisi dalam pertemuan tersebut, salah satunya evaluasi program.

"Bicara mengevaluasi apa yang kita lakukan. Intinya itu saja. Saya kira semuanya baik-baik," ucap Jokowi.

 Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku tidak memiliki persiapan khusus apalagi sampai harus latihan dalam menghadapi debat perdana. "Enggak, enggak. Debat aja pakai latihan," tandasnya.



 Debat perdana capres-cawapres sendiri akan dilaksanakan pada Kamis 17 Januari 2019 dengan tema hukum, hak asasi manusia, korupsi, dan terorisme.

Adapun panelis pembuat soal debat perdana terdiri dari enam tokoh, yakni Profesor Hikmahanto Juwana (guru besar hukum UI), Profesor Bagir Manan (mantan ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (ahli tata negara), Margarito Kamis (ahli tata negara), dan unsur pimpinan KPK. (put) [okezone.com]


 Erick Thohir Sebut Kiai Ma'ruf Serius Jalani Latihan Debat

JAKARTA -- Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir menyatakan bahwa cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menjalani latihan debat dengan lancar. Ia mengatakan, latihan debat tersebut dilakukan untuk membiasakan KH Ma'ruf memaparkan visi-misi karena baru pertama kali ikut debat dalam pemilu.

"Cawapres ada latihan kemarin (Senin 14/1) sempat sekali. Karena kan beliau harus terbiasa dengan sistem debat. Kalau Pak Jokowi sudah biasa sudah berapa kali," katanya di Jakarta, Selasa (15/1) malam.

"Alhamdulillah bagus, beliau sangat serius sekali dalam mempersiapkan latihan ini. Kita lihatlah nanti," kata Erick, melanjutkan.

Erick menyampaikan pada debat esok hari, tidak akan ada kejutan yang dihadirkan oleh Ma'ruf. Kendati demikian, ia menjamin Ma'ruf menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang hadir dari masyarakat.


"Jangan kejutan terus dong. Masak kiai kejutan. Tetapi, bagaimana beliau bisa memberikan program-program yang baik. Dan hal ini yang sangat positif yang saya rasa," pungkasnya.

Di satu sisi, Erick menegaskan, bahwa latihan yang serupa diemban oleh Ma'ruf Amin tidak dilakukan oleh Joko Widodo. Menurutnya, sang capres sudah terbiasa dengan atmosfer debat dalam pemilu.

Selain itu, pihak TKN belum menjadwalkan latihan bersama Jokowi dengan Ma'ruf Amin. "Saya rasa belum di-schedule. Saya rasa sih mereka sudah punya komunikasi yang sangat bagus," ucap Erick. [republika.co.id]






Promo