SP3 Kasus Sukmawati Digugat, Begini Jawaban Polisi







Sidang praperadilan SP3 dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kali ini, hakim mendengar jawaban dari termohon dalam hal ini adalah pihak kepolisian.

Kuasa hukum dari Polri, Veris Septiansyah membacakan jawaban tertulis yang sudah disusun oleh pihak termohon. Pihaknya membantah bahwa polisi tidak melakukan pemeriksaan terhadap Sukmawati sebagai terlapor kasus dugaan penistaan agama.

“Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap terlapor dan beberapa saksi-saksi. Karenanya setelah melakukan gelar perkara, tidak didapatkan tindak pidana dalam apa yang dilakukan oleh terlapor,” ungkap Veris di muka persidangan yang diketuai hakim tunggal Dedy Hermawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).

Veris menyebut polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap Sukmawati pada tanggal 5 April 2018. Polisi juga mengundang pihak tertentu untuk dimintai keterangan dan mencari bukti-bukti terkait.

Namun, Veris tidak menyebutkan siapa saja pihak yang dimintai keterangan, padahal setidaknya ada 19 saksi yang diperiksa. Selain beberapa barang bukti.

“Menyimpulkan bahwa tindakan terlapor dalam membacakan puisi adalah tidak memenuhi unsur yang disangkakan oleh pelapor karena bukan peristiwa pidana sehingga tidak bisa dinaikkan ke tahap penyidikan,” katanya.






Promo