728x90 AdSpace

Pertemuan Sub Regional, 9 Negara Bahas Program Baru Penanggulangan Terorisme


 Pertemuan Sub Regional Penanggulangan Terorisme (Sub Regional Meeting On Counter Terorism) digelar di Jakarta dengan diikuti oleh sembilan negara peserta. Kegiatan tersebut sebelumnya akan dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, namun akhirnya dibatalkan karena terjadi bencana gempa.

Acara Pertemuan Sub Regional Penanggulangan Terorisme digelar di Jakarta pada Senin (06/11/20187), setelah sebelumnya direncanakan digelar di Lombok pada 6 Agustus 2018. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, yang memimpin acara tersebut, mengatakan pertemuan kali ini merupakan kelanjutan dari pertemuan Sub Regional Meeting On Foreign Terrorist Fighters and Cross-Border Terorism tahun lalu.

“Ini adalah kelanjutan dari pertemuan serupa yang kita laksanakan di Manado pada 29 Juli 2017 yang lalu. Dimana Indonesia adalah tuan rumah dalam pertemuan tersebut,” kata Wiranto dalam konferensi pers usai acara di Fairmont Hotel, Jakarta.

Pertemuan Sub Regional Penanggulangan Terorisme tersebut melibatkan menteri dan pejabat setingkat menteri. Sembilan negara berpartisipasi dalam pertemuan kali ini, yaitu Indonesia, Australia, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Selandia Baru, Myanmar, Thailand, dan Singapura.

Menurut Wiranto, pertemuan kali ini fokus membahas upaya negara peserta sub regional dalam memberantas tindak pidana terorisme. Negara-negara peserta akan membangun penguatan kerja sama yang telah ada.

“Kita juga mencoba merancang program-program baru yang perlu kita lakukan sehubungan dengan peningkatan ancaman terorisme dan menggunakan berbagai media dan cara-cara baru baik teknis maupun taktik mereka,” paparnya.
BACA JUGA  Ustadz Farid Okbah: Rahmatan Lil Alamin Terwujud dengan Kalimat Tauhid

Wiranto menyebut kini cara dan metodologi terorisme telah berkembang. Bahkan hingga melibatkan satu keluarga termasuk perempuan dan anak-anak seperti yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Mereka juga menggunakan teknologi yang semakin maju. Tadi telah kita sepakati untuk kita lawan bersama,” ujar Menko Polhukam. KIBLAT




Pertemuan Sub Regional, 9 Negara Bahas Program Baru Penanggulangan Terorisme Reviewed by admin on November 06, 2018 Rating: 5  Pertemuan Sub Regional Penanggulangan Terorisme (Sub Regional Meeting On Counter Terorism) digelar di Jakarta dengan diikuti oleh sembil...