728x90 AdSpace

Ditunda Karena Gempa, Pertemuan Internasional Bahas Terorisme Pindah ke Jakarta


Pertemuan Sub Regional Meeting On Counter Terrorism (SRM on CT) digelar siang ini di Fairmont Hotel Jakarta. Acara tertutup tersebut dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Indonesia, Wiranto dan Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton.

Dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net sesaat sebelum pertemuan dimulai, Kemenkopolhukam mengatakan bahwa pola penyebaran paham radikal yang merupakan cikal bakal dari aksi terorisme telah berkembang. Para pelaku teror juga telah memodifikasi strategi serta pola serangan mereka

“Sebelumnya mereka beraksi sebagai satu organisasi dalam melakukan serangan, namun kini serangan-serangan tersebut muncul dalam unit yang lebih kecil atau bahkan atas inisiasi sendiri atau lone wolf serta juga melibatkan kaum perempuan dan anak-anak,” kata Wiranto.

Untuk itu, Wiranto menyebut pertemuan ini nantinya akan berfokus pada bagaimana merespon evolusi strategi dan taktik terorisme.

“Pertemuan tersebut merupakan upaya dari negara-negara sub kawasan guna mengantisipasi dan menanggulangi masalah terorisme, khususnya dengan melihat perkembangan dan perubahan strategi serta taktik para teroris,” ujar Menkopolhukam tersebut.

Dia juga menambahkan, pertemuan ini juga bertujuan untuk membangun sinergi antara pemerintah dan LSM, khususnya yang bergerak di bidang perlindungan perempuan dan keluarga.

“Hal ini untuk mencegah nilai-nilai ideologis yang bersifat radikal serta dapat memicu ekstremisme kekerasan,” imbuhnya.

Pertemuan SRM on CT tersebut dihadiri oleh perwakilan dari sembilan negara sub regional yaitu Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand.


Pertemuan sembilan negara itu sedianya dijadwalkan pada 6 Agustus 2018 lalu di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun sehari sebelumnya terjadi gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter yang menyebabkan pertemuan tersebut ditunda.

KIBLAT
Ditunda Karena Gempa, Pertemuan Internasional Bahas Terorisme Pindah ke Jakarta Reviewed by admin on November 06, 2018 Rating: 5 Pertemuan Sub Regional Meeting On Counter Terrorism (SRM on CT) digelar siang ini di Fairmont Hotel Jakarta. Acara tertutup tersebut dipi...