728x90 AdSpace

Yusril Nilai Pemerintah Tak Punya Bukti HTI Organisasi Teroris


Pemerintah dinilai gagal memberikan stigma kepada ormas Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sebagai organisasi teroris. Pemerintah dinilai tidak mampu membuktikan adanya dokumen, baik nasional maupun internasional yang menyebutkan HTI sebagai organisasi teroris.

Kuasa hukum HTI, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pemerintah seperti kehilangan argumentasi untuk membuktikan dalilnya bahwa pembubaran HTI adalah benar. Menurutnya, selama persidangan pemerintah hanya berasumsi, dugaan, kecurigaan dan kesalahpahaman yang menuduh HTI sebagai organisasi teroris.

"Pagi ini saya kembali hadir dalam sidang membela HTI di Pengadilan TUN Jakara. Entah siapa ahli yang akan dihadirkan Pemerintah hari ini. Kami siap saja menghadapinya. Minggu lalu, Pemerintah mengajukan Ansyad Mbai, mantan Kepala Badan Nasional Penaggulangan Terorisme, BNPT," ujar Yusril dalam akun Twitter @Yusrilihza_Mhd, Kamis (8/3/2018).

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini menuturkan, dirinya konsisten membela HTI dalam mendapatkan keadilan hukum. Pembelaan terhadap HTI, kata dia merupakan langkah konkret garis perjuangannya dalam membela kelompok yang terzalimi di depan hukum.

"Jargon pembelaan terhadap kaum terzalimi adalah platform kami. Kami membela umat Islam dan membela golongan mana saja yang terzalimi dan tertindas oleh penguasa. Kami tidak berteori, tapi kami bertindak di lapangan dengan tindakan yang nyata," ucapnya.

Sementara itu pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto pernah mengungkapkan alasan membubarkan HTI. Menurutnya, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.

Alasan kedua, kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Alasan berikutnya, aktivitas HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

Editor : Kurnia Illahi
INEWS
Yusril Nilai Pemerintah Tak Punya Bukti HTI Organisasi Teroris Reviewed by admin on March 08, 2018 Rating: 5 Pemerintah dinilai gagal memberikan stigma kepada ormas Islam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sebagai organisasi teroris. Pemerintah dinila...