728x90 AdSpace

Pengamat: Masalah Penenggelaman Kapal Asing, Harusnya Jokowi Menengahi Bukannya Ikut Berpolemik



 Sikap Presiden Joko Widodo yang ikut-ikutan berpolemik atas penenggelaman kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia sangat begitu disesalkan.

“Presiden harus memberi contoh yang baik bagi bawahannya dan bagi rakyat Indonesia. Bukan malah menambah polemik,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada RMOL, Sabtu (13/1/2018).

Sebulan sebelum polemik antara Menteri KKP Susi Pudjiastuti dengan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengemuka, kata Ujang, Jokowi mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pengambilan dan Pengendalian Kebijakan di Tingkat Kementerian dan Lembaga Pemerintah. Inti dari Inpres melarang menteri mengumbar silang pendapat di publik.

Menurut Ujang, sebagai pimpinan Jokowi harusnya menengahi polemik yang terjadi pada bawahannya. Bukan malah ikut-ikutan masuk dalam polemik berkepanjangan.

“Presiden harus jadi bagian solusi dan tidak boleh ikut-ikutan (berpolemik),” sesalnya.

Menurut dia, perdebatan terbuka antar pemangku kebijakan di ruang publik berdampak pada pemerintahan yang kurang produktif.

“Perdebatan yang tidak produktif bahkan cenderung kontra produktif,” pungkasnya. (bob.ak/rmol)
Pengamat: Masalah Penenggelaman Kapal Asing, Harusnya Jokowi Menengahi Bukannya Ikut Berpolemik Reviewed by admin on January 13, 2018 Rating: 5  Sikap Presiden Joko Widodo yang ikut-ikutan berpolemik atas penenggelaman kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesi...