728x90 AdSpace

LBH GP Ansor Sarankan Joshua dan Ge Tak Perlu Minta Maaf dan Umat Muslim harus Berpikir Jernih


LBH GP Ansor menilai Joshua Suherman dan Ge Pamungkas tidak perlu merasa bersalah dan meminta maaf atas lawakannya. Sebab, tidak ada yang perlu dimaafkan dan tidak ada unsur menyinggung akidah agama manapun hanya menyinggung individualnya.

Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor, Achmad Budi Prayoga mengatakan dalam pertemuan GP Ansor dengan Joshua dan Ge Pamungkas tidak ada pernyataan meminta maaf. Soal bersalah atau tidaknya kita harus buktikan terlebih dahulu.

“Apa yang perlu dimaafkan, tidak ada. Saya memisalkan ada orang mencuri terus kita langsung pukuli orang yang kita tuduh mencuri itu, apakah dibenarkan baik salah maupun dalam etika Islam? Pasti tidak bisa dibenarkan, baik hukum negara maupun hukum Islam harus dibuktikan dahulu,” katanya kepada Kiblat.net di kantornya Hinata, Jumat (13/1/18).

Menurut Achmad, materi Joshua dan Ge Pamungkas tidak menyinggung akidah sehingga tidak masuk kategori menistakan agama. Bagi siapapun apabila tidak memiliki kompetensi untuk menilai, lebih baik diam.

“Lebih baik diam jangan main tuduh. Sebab semua orang tidak ingin dirinya dituduh,” ucapnya.

Saat ditanya apa perbedaan kasus ini dengan kasus Ahok sebelumnya. LBH GP Ansor memandang kasus ini berbeda dengan kasus Ahok, siapapun tidak bisa membandingkan ke dua kasus itu.

“Perbedaannya, kita semua tahu bahwa kasus Ahok telah diputuskan di pengadilan. Akan tetapi kasus Joshua dan Ge Pamungkas belum terbukti,” katanya.

Dia juga mengatakan kepada umat Muslim harus berpikir jernih dalam menyikapi sesuatu hal dan tidak berkomentar di sosial media dengan pedas. Paling tidak kita harus mengedepankan asas praduga tak bersalah dan berakhlak yang baik.

“Kita tidak boleh melakukan upaya hakim sendiri dengan menuding, membully terhadap seseorang yang belum tentu bersalah apalagi tuduhan fitnah itu dilakukan sosial media tanpa ada klarifikasi,” pungkasnya.

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Hunef Ibrahim
sumber: kiblat.net
LBH GP Ansor Sarankan Joshua dan Ge Tak Perlu Minta Maaf dan Umat Muslim harus Berpikir Jernih Reviewed by admin on January 13, 2018 Rating: 5 LBH GP Ansor menilai Joshua Suherman dan Ge Pamungkas tidak perlu merasa bersalah dan meminta maaf atas lawakannya. Sebab, tidak ada yang...