728x90 AdSpace

LBH GP Anshor: "Ayat Al-Quran yang membahas tentang mengolok-olok agama, Yang tahu itu hanya pakar tafsir dan agama"


Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor) mengimbau supaya kasus Joshua Suherman dan Ge Pamungkas dapat menjadi pelajaran bagi pelawak lainnya. Sehingga ke depan materi agama tidak lagi dibawa dalam lawakan atau aksi stand up comedy.

Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor, Achmad Budi Prayoga mengatakan pelawak ke depannya harus berhati-hati dalam memilih materi, mana yang boleh dan mana yang tidak. Sebab semua yang disampaikan pasti ada konsekuensi hukumnya.

“Kepada stand up comedian atau komika tentu harus mempunyai wawasan yang luas terhadap agama dan perlu mendapatkan edukasi dari siapapun pihak yang berkompetensi dalam agama,” katanya kepada Kiblat.net di kantornya, Jumat (12/01/2018)

LBH GP Ansor berharap ke depan, materi-materi agama kalau perlu tidak usah disinggung dalam aksi stand up comedy. Sebab masih banyak materi yang bisa diangkat selain agama.

“Kasus Joshua dan Ge, LBH akan terus memantau perkembangan laporan tuduhan penistaan agama itu. Tuduhan itu harus dibuktikan dahulu, biarlah kepolisian yang menyikapi dengan bijak laporan tersebut,” katanya.

Menyikapi soal olok-olok dalam agama Islam, Achmad berpesan kepada umat Islam agar bersikap sesuai dengan tuntunan Al-Quran. Ia mengatakan suatu ayat tidak bisa diartikan dengan pemahaman sendiri.

“Ayat Al-Quran yang membahas tentang mengolok-olok agama, kita tidak bisa mengartikan bentuk olok-olokan apa yang masuk kategori menistakan agama. Yang tahu itu hanya pakar tafsir dan agama,” ujarnya.

Sementara itu, Wasekjen MUI, Tengku Zulkarnain mengatakan bahwa kedua komika tersebut melecehkan agama Islam.

“Sepertinya kami orang Islam ini dipancing terus supaya melakukan gerakan yang di luar hukum. Dengan adanya insiden penistaan agama ini, lagi. Nanti orang Islam akan disudutkan, ini kan seperti ada unsur kesengajaan,” ucap Tengku.

sumber: kiblat.net


LBH GP Anshor: "Ayat Al-Quran yang membahas tentang mengolok-olok agama, Yang tahu itu hanya pakar tafsir dan agama" Reviewed by admin on January 13, 2018 Rating: 5 Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Pemuda Ansor (LBH GP Ansor) mengimbau supaya kasus Joshua Suherman dan Ge Pamungkas dapat menjadi pelajaran...