728x90 AdSpace

HTI yg Dibubarkan, HANURA yg PECAH


HTI yg Dibubarkan, HANURA yg PECAH 
Wiranto: Pemerintah Ambil Langkah Hukum untuk Bubarkan HTI

Menkopolhukam Wiranto menggelar konferensi pers mengenai pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ormas itu dibubarkan karena dianggap membahayakan NKRI.

"Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional," kata Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (8/5/2017).

Wiranto: Pemerintah Ambil Langkah Tegas Bubarkan HTIFoto: Pernyataan resmi pemerintah mengenai pembubaran HTI
Wiranto menyatakan kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

"Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Wiranto.

Hanura Pecah! Wiranto Langsung Turun Gunung 

Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, Wiranto mengatakan, dirinya akan segera mencari tahu penyebab partainya bergejolak. Bila memang ada permasalahan di internal partai, kata dia, maka hal itu akan segera diselesaikan bersama-sama.

"Saya sebagai ketua dewan pembina akan melihat dan memberi sikap ini bagaimana menyelesaikannya," kata Wiranto di kantor Kementerian Polhukam, Jakarta, Senin (15/1/2018).


Pendiri Hanura itu menjelaskan, aturan di dalam partai sudah memberikan jalan keluar apabila ada masalah-masalah yang terjadi. Sebagai sebuah partai politik, ujarnya, Hanura memiliki payung hukum berupa anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada.

"Lalu di sana ada rasa tidak puas, ada sesuatu yang tidak tepat, diselesaikan di internal partai dengan cara memenuhi AD/ART di sana," jelasnya.

Menkopolhukam itu menilai, polemik yang terjadi di tubuh partainya tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Karena menurutnya, hal itu merupakan sesuatu yang biasa terjadi di internal partai politik.

"Sehingga itu hal yang sangat biasa dalam mekanisme partai politik, jadi enggak usah kita ributkan karena akan kita selesaikan," tegasnya.

Seperti diketahui, kubu Hanura Sarifuddin Sudding mengajukan mosi tidak percaya terhadap Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. Pria yang akrab disapa OSO itu disebut kerap menabrak aturan dalam memimpin Hanura. (detik/rilis/pic)
HTI yg Dibubarkan, HANURA yg PECAH Reviewed by admin on January 16, 2018 Rating: 5 HTI yg Dibubarkan, HANURA yg PECAH  Wiranto: Pemerintah Ambil Langkah Hukum untuk Bubarkan HTI Menkopolhukam Wiranto menggelar konferens...