728x90 AdSpace

CATATAN UNTUK JOSHUA! Masa lupa, bertahun-tahun lalu, elu jadi bocah paling populer se Indonesia (meski minoritas)


Begini, Jo, My Bro...

Kalau elu tanya gue, apa sebagai Muslim gue tersinggung lawakan elu, jawaban gue "nggak".

Gue lebih suka diskusi tentang agama gue jika ada orang lain salah paham daripada gue misuh-misuh nggak keruan.

Kalau elu tanya, apa gue pengen elu dipenjara karena banyolan elu, gue juga jawab "nggak". Sebab, gue lebih pengen elu ada di luar sana dan lebih berinteraksi dengan orang-orang di luar zona nyaman elu.

Gue cuma sedih karena anak muda secerdas elu kurang minat mempelajari agama di luar keyakinan elu tanpa prasangka, padahal elu pake agama itu sebagai bagian dari materi lawakan elu.

Gue sedih, karena elu punya banyak kesempatan bertemu dengan Muslim-Muslim cendekia yang bisa menjawab pertanyaan elu tentang Islam Indonesia tapi elu nggak pakai kesempatan itu.

Bener, dalam konteks tertentu,
simpulan elu yang ditimpali kalimat Takbir cengengesan temen lu itu bisa jadi relevan. Misalnya, untuk pilpres atau pilkada, agama jadi salah satu variabel penting di bilik suara.

Tapi dalam dunia selebritas, apa yang elu lawakin itu mentah oleh realitas lu sendiri. Masa lupa, bertahun-tahun lalu, elu jadi bocah paling populer se Indonesia karena lagu elu yang klipnya ada Mas Thukul Reynaldi Arawana Bukan Empat Mata sebelum terkenal semayapada.

Mereka yang membeli album elu, beli topi gaya elu buat anak-anaknya, mencopy istilah "diobok-obok" yang elu nyanyiin dengan lucu, nggak terganggu dengan agama elu.

Gue yakin sebagian besar yang mengidolakan elu ya kaum yang elu sebut "mayoritas" dengan intonasi nganu itu.

Jadi, Jo, My Bro.
Gue benar-benar berharap elu baik-baik saja. Masalah ini selesai tanpa mesti melibatkan hakim, pengacara, dan jaksa.

Gue cuma berdoa, abis ini, lu makin bersemangat mencintai perbedaan manusia Indonesia.

Diawali dari titik takberprasangka.

Lu tau Jo. Kalau elu nanya siapa penyanyi dunia selain Maher Zain yang lagunya gue suka?

Jawabannya Arijit Singh. Hindu, India juga.

(Tasaro Gk Dua)

Sumber: fb
CATATAN UNTUK JOSHUA! Masa lupa, bertahun-tahun lalu, elu jadi bocah paling populer se Indonesia (meski minoritas) Reviewed by admin on January 11, 2018 Rating: 5 Begini, Jo, My Bro... Kalau elu tanya gue, apa sebagai Muslim gue tersinggung lawakan elu, jawaban gue "nggak". Gue lebih suka ...