728x90 AdSpace

UE Sarankan Israel dan Palestina Sama-sama Beribukota di Yerusalem



Dunia masih berharap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengurungkan niatnya untuk memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem. Para kepala negara di dunia berharap pengakuan Yerusalem jadi Ibu Kota Israel hanyalah wacana namun ternyata Trump mewujudkan.

Hingga saat ini belum ada tanggal resmi untuk memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem. Kedubes AS disebut akan dipindahkan usai segala urusan mengenai status dan kedaulatan kota itu beres.

"AS mendukung segala bentuk dialog untuk menyelesaikan masalah yang muncul mengenai perbatasan dan hal-hal lainnya," kata kata Trump seperti dilansir Associated Press.

Jika AS benar-benar memindahkan kedubesnya ke Yerusalem, maka AS akan jadi negara pertama yang kantor diplomatiknya berada di Yerusalem. Deklarasi Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel untuk mengantarkan Kedubes AS ke Yerusalem.

Akibat klaim Trump, Yerusalem jadi Ibu Kota Israel dunia gempar. Para petinggi Uni Eropa bertemu membahas deklarasi Trump soal Yerusalem. Mereka juga berkoordinasi dengan Rusia, Yordania, dan AS soal Yerusalem.

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Federica Mogherini mengatakan, sikap UE sudah jelas dan pasti. "Kami yakin solusi bagi konflik Israel dan Palestina hanyalah dengan mewujudkan dua negara berdaulat yang sama-sama beribu kota di Yerusalem."

Turki bereaksi keras atas deklarasi Trump tersebut. Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyatakan, pengumuman itu akan menjadi bom bagi perdamaian Timur Tengah.

Presiden Recep Tayyip Erdogan juga mengungkapkan kekesalannya terhadap AS. Dia menyebut Trump sebagai blender yang membuat masalah Israel-Palestina campur aduk dan kian rumit.

Erdogan menuding Trump sengaja mendeklarasikan keberpihakannya terhadap Israel untuk menutupi masalah besar lain. Yakni, skandal AS-Rusia.

Sekutu dekat AS, Arab Saudi menilai Trump tidak bertanggung jawab dengan mendeklarasikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. "Kami sangat menyesalkan deklarasi itu. Keputusan tersebut tidak benar," ungkap jubir pemerintah di Kota Riyadh.

(hep/c22/any)
UE Sarankan Israel dan Palestina Sama-sama Beribukota di Yerusalem Reviewed by mujahidah on December 07, 2017 Rating: 5 Dunia masih berharap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengurungkan niatnya untuk memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem. P...