728x90 AdSpace

Pemerintahan Jokowi Dituding Negara Utang, LBP: Kami bukan orang bego



 Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap disebut oleh beberapa pengamat ekonomi sebagai negara utang karena banyaknya utang yang dibuat dalam pemerintahan Jokowi.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjadi emosi jika Indonesia disebut negara utang. Luhut menegaskan bahwa pemerintah sudah paham batasan pinjaman untuk pembangunan infrastruktur.

“Ada yang ngomong negara kita negara utang, kita enggak boleh menuduh. Kami bukan orang bego dan kami tahu apa rambu-rambu yang kami lakukan,” ujar Luhut di Jakarta, Jumat (29/12).

Dia pun mengklaim, utang negara masih dalam batas aman, yakni di kisaran 27-28 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Karena itu, Luhut mengaku heran, banyak pihak yang menuduh pemerintah banyak berutang.

“Tidak ada alasan orang mencak-mencak seperti itu. Ada yang ngomong negara kita negara utang, kita nggak boleh nuduh,” tukas Luhut.

Mantan Menkopolhukam itu pun, akhirnya menantang kepada semua pihak terkait data utang negara. Jika ada data yang tidak sesuai, Luhut pun siap mengaku salah.

“Anda harus bicara dengan data, kalau ada data kami kurang kerja bagus, saya pribadi akan terima salah. Tapi jangan bicara berita yang tidak benar,” tandasnya.

Untuk diketahui pemerintah kabinet kerja tercatat menambah utang sebesar Rp 1.258,67 triliun dalam waktu tiga tahun. Penambahan pinjaman mayoritas untuk membangun infrastruktur.

Sumber: Swamedium
Pemerintahan Jokowi Dituding Negara Utang, LBP: Kami bukan orang bego Reviewed by admin on December 30, 2017 Rating: 5  Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap disebut oleh beberapa pengamat ekonomi sebagai negara utang karena banyaknya utang yan...