-->

Ini Sikap Umar bin Khathab Ketika Dimarahi Istri, Nggak Nyangka







Umar bin Khathab terkenal dengan ketegasan dan keberaniannya. Namun siapa sangka sosok yang begitu gagah ini hanya diam ketika dimarahi istrinya. Apa yang dilakukan oleh Umar ini tentu ada sebabnya dan sebuah teladan yang patut dicontoh untuk para suami saat ini.

Dikisahkan dari buku yang berjudul ‘The Great of Two Umars’ bahwa suatu hari, seorang lelaki datang ke rumah Umar hendak mengadukan akhlak buruk istrinya. Akan tetapi, setibanya di rumah Umar, dia mendengar istri Umar sedang memarahinya. Sementara Umar sendiri tidak menjawab sepatah kata pun.

Akhirnya, orang itu berpikir bahwa sebaikanya dia kembali saja dan membatalkan niatnya. Ketika lelaki itu hendak berbalik pulang, Umar baru saja keluar dari pintu rumahnya. Ia pun berteriak memanggil orang itu. Umar berkata, “Engkau datang kepadaku tentu hendak membawa suatu berita penting!”

Ya, betul,” ujar orang itu, “aku datang kepadamu hendak mengadukan keburukan akhlak istriku terhadapku. Tetapi, setelah aku mendengar sikap lancang istrimu kepadamu dan engkau diam saja, aku jadi urung melaporkan keadaanku.”

Mendengar pengakuan jujur lelaki itu, Umar tersenyum seraya berkata, “Wahai Saudaraku, istriku telah memasak makanan untukku. Dia juga telah mencuci pakaianku, mengurus urusan rumahku, dan mengasuh anak-anakku. Maka, bila ia berbuat satu dua kesalahan, tidaklah layak kita mengenangnya, sedang kebaikan-kebaikannya kita lupakan.”

Begitulah Umar menyikapi kemarahan sang istri. Umar tidak terpancing untuk marah, namun lebih memilih diam, karena beliau begitu menghormati istrinya. Ini lah yang harus menjadi pelajaran bagi kaum pria (suami) dalam mengarungi bahtera rumah tangga ketika menghadapi perosoalan dengan istri. (republika.co.id)






Promo