728x90 AdSpace

Tolak KPK, Pengacara Novanto Sebut Rumah Sakit Steril dari Hukum


Keinginan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melihat langsung kondisi Setya Novanto setelah kecelakaan di RS Medika Permata Hijau bertepuk sebelah tangan. Penyidik dan dokter yang berniat memberikan second opinion dilarang masuk pihak rumah sakit. Kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi mendukung larangan itu.

Menurut Fredrich, para penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak memiliki wewenang untuk memeriksa pihak mana pun ketika berada di rumah sakit. Hal ini diungkapkannya usai menemui penyidik KPK yang mendatangi Novanto di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Jumat (17/11) dini hari.

"Karena gini, ada dua tempat di Republik Indonesia yang tidak boleh disentuh oleh penegak hukum," ucap Fredrich.
Dua tempat tersebut yaitu rumah sakit dan tempat ibadah. Fredrich menilai jika para penegak hukum hanya bisa melakukan proses hukum di luar dua tempat tersebut. "Demikian juga di rumah sakit, kalau mau apa-apa tunggu di luar rumah sakit," tutur Fredrich.

Sejumlah penyidik KPK sudah datang sejak Kamis (17/11) pukul 22.00 WIB dan memilih untuk menunggu izin dari pihak RS Medika Permata Hijau untuk dapat memeriksa keadaan Novanto. Sedangkan, Fredrich memilih untuk pulang ke rumahnya.
"Saya enggak ada waktu, mendingan saya pulang tidur, lebih enak ngapain saya ikut-ikutan (menunggu)," tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut RS Medika Permata Hijau mempersulit kinerja penyidik. Bahkan, ketika penyidik ada di RS, tidak ditemukan dokter yang bertanggung jawab untuk menjelaskan kondisi Setya Novanto. "Kami harapkan pihak manajemen rumah sakit tidak mempersulit kerja penyidik KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (17/11) dini hari.

Sebelumnya dikabarkan Setya Novanto mengalami kecelakaan. Dari video yang beredar di kalangan wartawan, tampak mobil berwarna hitam merk Forturner bernomor polisi B 1732 ZLO, menabrak sebuah tiang listrik di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Di bagian depan mobil tersebut terlihat penyok.

Jawapos
Tolak KPK, Pengacara Novanto Sebut Rumah Sakit Steril dari Hukum Reviewed by mujahidah on November 16, 2017 Rating: 5 Keinginan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melihat langsung kondisi Setya Novanto setelah kecelakaan di RS Medika Permata Hijau b...