728x90 AdSpace

Pengacara Siap Buktikan Jonru Tak Bersalah di Persidangan


Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Lenny Wati Mulasimadhi, menolak permohonan praperadilan yang diajukan Jonru Ginting. Penetapan Jonru sebagai tersangka dalam kasus penyebaran ujaran kebencian dinilai sah.

Pengacara Jonru, Djuju Purwantoro, mengaku kecewa dengan putusan hakim. Sebab dia menilai proses pemeriksaan terhadap Jonru dan penetapan status tersangka terhadap kliennya tidak mempertimbangkan aspek Hak Asasi Manusia (HAM).

“Tidak pernah dikeluarkan surat penetapan tersangka dan itu tidak pernah dipertimbangkan sama sekali oleh hakim. Begitu juga pemeriksaannya, bahwa KUHAP sangat menjunjung tinggi HAM, klien kami diperiksa 3 hari berturut-turut sampai sakit,” ujar Djuju di PN Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2017).

“Kalau praperadilan ditolak, maka kita akan lanjut proses ke pokok perkara persidangan,” imbuhnya.

Djuju mengaku siap menghadapi peradilan Jonru untuk membuktikan kliennya tidak bersalah. “Menurut sebagian besar pendapat ahli menyatakan demikian, karena kalau sesorang disangkakan pasal 28 ayat 2, maka di situ seharusnya menimbulkan suatu akibat atau suatu korban apa yang dipostingnya, nah ini kan tidak,” ungkapnya.

“Jadi hakim hanya mempertimbangkan adanya dua alat bukti saja, tanpa mempertimbangkan apakah postingan itu mengandung unsur korban atau menimbulkan akibat sara yang faktanya tidak ada sama sekali,” tukasnya.

Jonru dilaporkan Muannas Alaidid pada 31 Agustus lalu, karena menilai postingannya di sejumlah akun media sosial miliknya sepanjang Maret hingga Agustus mengandung unsur SARA.

Polisi lalu menjerat Jonru dengan Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara.

Jonru juga diduga melanggar UU Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun. Ia pun dikenakan Pasal 156 KUHP tentang Penghinaan Terhadap Suatu Golongan Tertentu, dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

Reporter: Muhammad Jundii
Redaktur: Ibas Fuadi
Sumber : Kiblat
Pengacara Siap Buktikan Jonru Tak Bersalah di Persidangan Reviewed by mujahidah on November 21, 2017 Rating: 5 Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Lenny Wati Mulasimadhi, menolak permohonan praperadilan yang diajukan Jonru Ginting. Penetapan J...