728x90 AdSpace

Mendikbud Sudah Keluarkan Permen Sekolah Lima Hari

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku sudah mengeluarkan Peraturan Menteri tentang sekolah penuh lima hari seminggu.

Menurut Muhadjir, Permen itu sudah terbit pada 9 Juni lalu dan akan berlaku pada Juli mendatang. Peraturan Menteri tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang Guru.

Kebijakan lima hari sekolah, ujar Muhadjir, tidak akan mengganggu aktivitas siswa di luar sekolah. Ada dua hal berbeda yang tengah dilakukan Kemendikbud, yaitu sekolah lima hari dan program penguatan karakter, ujar Muhadjir.

Dalam hal penguatan karakter, Muhadjir menyatakan, kebijakan lima hari sekolah jangan diartikan siswa belajar terus-menerus selama delapan jam sehari di kelas. Menurut dia, perluasan materi sekolah bisa dilakukan dengan kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler.

"Pelaksanaannya tidak harus di sekolah, bisa di luar," kata Muhadjir di Gedung DPR, Selasa (13/6/2017).

Oleh sebab itu, kehadiran lembaga lain seperti madrasah atau pesantren akan melengkapi program penguatan karakter.

"Malah (madrasah) akan jadi mitra sekolah untuk menguatkan program karakter yang berkaitan dengan religiusitas," ujar Muhadjir.

sumber: kabar24.com (suara islam)
Mendikbud Sudah Keluarkan Permen Sekolah Lima Hari Reviewed by Portal Dunia on June 13, 2017 Rating: 5 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku sudah mengeluarkan Peraturan Menteri tentang sekolah penuh lima hari seminggu. ...