728x90 AdSpace

Indonesia-Arab Saudi Sepakat Berantas Terorisme dan ISIS

Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia memiliki banyak misi kerja sama. Selain masalah ekonomi dan kuota haji, rupanya Arab Saudi berniat kerja sama dengan Indonesia dalam pemberantasan terorisme, salah satunya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Kita tahu Indonesia banyak mengalami pemboman dan terorisme di sini, karena ISIS dengan "ideologi yang berbeda" dan tidak menghormati kehidupan manusia,” tegas Duta Besar Arab Saudi Osama Mohammad Abdullah Alshuaibi seperti dilansir Reuters, Selasa (28/2).

Dia menegaskan Arab Saudi dan Indonesia akan memperkuat kerja sama di bidang ini untuk memberantas terorisme. Kondisi ini semakin mengkhawatirkan setelah serangkaian serangan yang mengatasnamakan ISIS.

"Kami akan bekerja sama dengan Indonesia di bidang ini. Kita bisa saling bertukar data, kita dapat bertukar pengalaman, dan kami dapat mengalahkan teroris," katanya.

Terkait aksi terorisme, baru saja polisi membunuh seorang terduga teroris di kelurahan di Bandung, Jawa Barat. Para pejabat keamanan sedang menyelidiki apakah kasus ini memiliki hubungan dengan jaringan radikal ISIS. Karena itu, Arab Saudi bertujuan untuk membuka lebih banyak sekolah Islam di Indonesia, yang akan mengajarkan agama menggunakan bahasa Arab, dan meningkatkan jumlah beasiswa bagi siswa. Dia mengatakan kunjungan tersebut juga mengembangkan proyek-proyek minyak dan gas dan mempromosikan pariwisata.

Indonesia dan Arab Saudi akan menandatangi 10 perjanjian memerangi terorisme. Raja Salman menggebrak tur Asia selama sebulan, dan di Indonesia Salman membawa 1500 rombongan. Hal ini menjadi "perjalanan mega" bagi Indonesia atas kunjungan Arab Saudi yang sudah hampir 5 dekade tak pernah dilakukan. Salman akan berada di Indonesia dengan berlibur ke pulau Bali. (cr1/JPG)
Indonesia-Arab Saudi Sepakat Berantas Terorisme dan ISIS Reviewed by Portal Dunia on February 28, 2017 Rating: 5 Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia memiliki banyak misi kerja sama. Selain masalah ekonomi dan kuota haji,...